Jurusan Arsitektur - Info Kuliah & Prospek Kerjanya | Quipper Campus
Kampus Terkait
Kampus Negeri
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Kampus Negeri
Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
Kampus Negeri
Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
Kampus Negeri
Politeknik Negeri Pontianak
Kampus Negeri
Universitas Bengkulu
Lihat Semua Kampus
Jurusan Arsitektur

Arsitektur

Sipil & Bangunan


Meski tergolong sebagai salah satu jurusan di Fakultas Teknik, Jurusan Arsitektur sebetulnya tidak melulu membahas masalah teknik, bahkan cenderung ke bidang seni dan estetika. Di Program Studi Arsitektur, kamu bakal mendesain bangunan sesuai kebutuhan dan tentu saja dengan memperhatikan nilai fungsi, keindahan, dan keamanan, ya! Tidak cuma berhenti sampai menciptakan desain nih, Quipperian juga akan dibekali dengan kemampuan perencanaan anggaran yang berguna saat membuat bagunan. Wah, kalau rumah orang aja lain bisa dirancang seindah mungkin, apalagi rumahmu dengan dia? Pasti akan sangat nyaman, bukan?

Pengetahuan dan Keahlian

Kreativitas
Kemampuan mendesain bangunan
Kemampuan perencanaan anggaran
Kemampuan membuat analisis
Pemahaman gambar 2D dan 3D
Detail oriented

Kenapa Harus Memilih Jurusan ini

1

Banyaknya permintaan akan hunian yang nyaman membuat lulusan Arsitektur dicari untuk mendesain rumah idaman.

Banyaknya permintaan akan hunian yang nyaman membuat lulusan Arsitektur dicari untuk mendesain rumah idaman.

2

Lulusan Arsitektur dibutuhkan oleh perusahaan developer untuk mengembangkan suatu kawasan. Begitu pula dengan perusahaan kontraktor yang membutuhkan Sarjana Teknik bidang Arsitektur untuk merancang bangunan sesuai permintaan klien.

Lulusan Arsitektur dibutuhkan oleh perusahaan developer untuk mengembangkan suatu kawasan. Begitu pula dengan perusahaan kontraktor yang membutuhkan Sarjana Teknik bidang Arsitektur untuk merancang bangunan sesuai permintaan klien.

1

Banyaknya permintaan akan hunian yang nyaman membuat lulusan Arsitektur dicari untuk mendesain rumah idaman.

Banyaknya permintaan akan hunian yang nyaman membuat lulusan Arsitektur dicari untuk mendesain rumah idaman.

3

Kamu bisa lho membuka Kantor Konsultan Arsitek mandiri kemudian memainkan beberapa peran seperti Arsitek, Cost estimator, Construction documentary, Building controller, dan lainnya.

Kamu bisa lho membuka Kantor Konsultan Arsitek mandiri kemudian memainkan beberapa peran seperti Arsitek, Cost estimator, Construction documentary, Building controller, dan lainnya.

5

Kalau tertarik terjun ke dunia media, bisa lho jadi jurnalis bidang desain ataupun rancang bangun.

Kalau tertarik terjun ke dunia media, bisa lho jadi jurnalis bidang desain ataupun rancang bangun.

2

Lulusan Arsitektur dibutuhkan oleh perusahaan developer untuk mengembangkan suatu kawasan. Begitu pula dengan perusahaan kontraktor yang membutuhkan Sarjana Teknik bidang Arsitektur untuk merancang bangunan sesuai permintaan klien.

Lulusan Arsitektur dibutuhkan oleh perusahaan developer untuk mengembangkan suatu kawasan. Begitu pula dengan perusahaan kontraktor yang membutuhkan Sarjana Teknik bidang Arsitektur untuk merancang bangunan sesuai permintaan klien.

4

Instansi pemerintah seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga membutuhkan lulusan Arsitektur untuk menempati berbagai posisi, salah satunya sebagai staf tata bangunan dan perumahan.

Instansi pemerintah seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga membutuhkan lulusan Arsitektur untuk menempati berbagai posisi, salah satunya sebagai staf tata bangunan dan perumahan.

Jurusan Arsitektur

Dunia Perkuliahan

Jurusan Arsitektur

Di jurusan Arsitektur tentu saja Quipperian akan belajar merancang sebuah bangunan. Mulai dari bentuk luar bangunan yang menarik, analisis kebutuhan ruang dari fungsi bangunan itu sehingga bisa optimal, mendesain denah serta interior, sampai gimana bikin tampilan bangunan semakin menarik. Kamu juga akan belajar struktur bangunan, tapi tidak sedalam Teknik Sipil. Selain itu, Quipperian akan dibekali cara mengatur rancangan anggaran dari material bangunan yang kamu rancang tadi. Jangan lupa juga, kamu harus memperhatikan aspek-aspek luar seperti alam, lingkungan, hingga hukum tata bangunan dalam merancang sebuah bangunan.

Mata kuliah yang bakal kamu temui selama 8 semester atau 4 tahun kuliah di jurusan Arsitektur antara lain Estetika Arsitektur, Mekanika Teknik, Arsitektur Digital, Teknologi Bahan, Perancangan Kota, Perancangan Perumahan, Metode Pemrogaman Desain Arsitektur, Metode Transformasi Desain, Studio Desain Arsitektur, dll. Tugas akhir yang umumnya dikerjakan oleh mahasiswa Arsitektur tentu saja merancang sebuah bangunan kemudian ditampilkan deh maketnya!

Saat ini beberapa kampus juga ada yang membuka jurusan Arsitektur Lanskap. Jadi, kalau Quipperian tertarik masuk jurusan Arsitektur tapi juga peduli sama pelestarian ekologis, cocok banget memilih Arsitektur Lanskap. Karena kamu bakalan belajar ilmu arsitektur yang memadupadankan seni dan arsitektur di bidang tata ruang luar. Di sini tantangannya bukan sekadar bagaimana merancang bangunan, tapi juga gimana kamu bisa memodifikasi iklim. Misalnya nih, gimana supaya daerah yang panas dan gersang bisa jadi lebih sejuk serta terhindar dari bencana alam.

Prospek Kerja

Prospek kerja yang menanti lulusan jurusan Arsitektur sangat banyak, Quipperian. Mulai dari pemerintahan, developer, hingga kontraktor. Lulusan Arsitektur bisa juga terjun ke bisnis kebutuhan lanskap, seperti tanaman taman, pot hias, material paving, dan lainnya. Mantap kan? Tinggal pilih deh bidang yang kamu banget, Quipperian!

Soal gaji, jangan khawatir, dijamin kompetitif kok. Apalagi jika kamu memiliki banyak pengalaman sebagai project architect. Sebenarnya, lulusan Arsitektur nggak melulu kerja di bidang rancangan bangun, tapi bisa lho masuk ke sektor pendidikan, perbankan, maupun media. Di situ kamu juga bisa mengembangkan potensimu. Misalnya di perbankan, kamu bisa masuk ke bagian kredit kepemilikan rumah. Atau di bidang media, kamu bisa jadi jurnalis untuk majalah desain rumah. Berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu tekuni:

Penilai Real Estate
Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate
Drafter
Resepsionis (Front Office)
Operator CAD (Computer-Aided-Design)
Arsitek
Dosen
Wirausaha (Entrepreuner)

Testimoni

Testimony Arimbi Alessandra Naro
Arimbi Alessandra Naro
Arsitektur, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)

Saat ini saya bekerja di PT Cipta Nuansa Habitat, sebagai Architectural Designer. Saat kuliah saya menjadi bagian dari Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HIMARASKARA) selama 2 tahun, yang mana ditahun pertama sebagai anggota dari tahun kedua sebagai ketua divisi. Setiap ilmu yang dipelajari semasa kuliah dapat diterapkan pada dunia kerja. Seperti proses desain pada mata kuliah Perancangan, ilmu konstruksi pada mata kuliah Struktur, perhitungan pada mata kuliah Rencana Anggaran Biaya, serta prinsip dan langgam arsitektur pada mata kuliah seperti Teori Arsitektur, Sejarah Arsitektur, dan sebagainya. Ilmu-ilmu tersebut sangatlah berpengaruh dalam membentuk kerangka berpikir kita saat memasuki dunia kerja arsitektur.

Testimony Wiras Dwi Aditama
Wiras Dwi Aditama (2018)
Arsitektur, Universitas Pancasila (UP)

Di Universitas Pancasila, saya mempelajari tentang bagaimana menjadi seorang perancang bangunan yang baik, profesional, artistik, dan percaya diri. Universitas Pancasila banyak melahirkan alumni-alumni yang membanggakan dan sukses di bidangnya serta banyak menghasilkan entrepreneur- entrepreneur yang membuka banyak lapangan kerja yang baru yang tentunya tidak terlepas dari pendidikan yang diajarkan di kampus yang mendorong entrepreneurial university. Selain kualitas pendidikan, fasilitas yang lengkap dan juga akreditasi A yang merata di seluruh fakultas juga sangat membanggakan bagi saya dan juga mahasiswa lainnya dan tidak lupa juga prestasi - prestasi mahasiswanya juga sangat membanggakan. Saya harap saya bisa bekerja di sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang Komstruksi dan Arsitektur seperti Wika, PP Property, atau Waskita. Tidak menutup kemungkinan saya menjadi seorang Perwira Karir TNI untuk bidang konstruksi.

Testimony Lukman Nulhakim
Lukman Nulhakim
Arsitektur, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)

Saat ini saya berkarier sebagai freelance arsitek dan bisnis. Semasa kuliah, saya aktif mengikuti organisasi dan dipercaya menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HIMARASKARA) pada periode 2017/2018. Salah satu mata kuliah yang sangat terpakai ilmunya di dunia kerja adalah Manajemen Kontruksi. Mata kuliah ini tidak hanya berlajar tentang kontruksi bangunan, melainkan juga memahami manajemen waktu dengan baik agar hasil pekerjaan bisa maksimal dan terukur. Untuk calon mahasiswa arsitektur, cobalah mencari celah dari visi yang kita lihat mulai sekarang. Tutupi celah itu dengan sesuatu yang dapat dikembangkan, karena arsitektur itu ibarat rangkaian dari sebuah cerita untuk menjadi suatu keutuhan yang sempurna. Dan jangan takut untuk melawan arus dari apa yang kau buat.